Tempat Wisata Kuliner Makassar

Diposting pada

Tempat Wisata Kuliner Makassar – Ada satu kota di Indonesia yang wajib dikunjungi apabila Anda merupakan penggemar wisata kuliner. Tempat yang dimaksud tersebut yaitu Makassar. Kota yang menjadi salah satu ibukota provinsi Sulawesi ini memiliki beragam tempat wisata kuliner yang sajian makanannya beragam dan penuh cita rasa. Apa saja tempat dan sajian kuliner tersebut?

tempat wisata kuliner makassar

Sebelum menjawab pertanyaan yang diajukan sebelumnya, Anda perlu tahu seperti apa karakteristik dari industry kuliner di Makassar. Kota yang memiliki julukan sebagai Kota Daeng ini memiliki banyak produk kuliner dengan ciri khas makanan yang diolah dengan menggunakan minyak. Walau begitu, makanan tersebut aman dan lezat untuk dikonsumsi.

Apabila Anda suatu kali berkunjung ke kota Makassar dan memiliki waktu untuk mencicipi kuliner di sana, tidak ada salahnya mencoba makanan dari 10 tempat kuliner di Makassar berikut ini. Dengan begitu, dijamin hasrat berburu kuliner Anda dapat terpuaskan. Akhirnya, inilah 10 tempat wisata kuliner Makassar yang wajib untuk Anda kunjungi.

Daftar 10 Tempat Wisata Kuliner Makassar yang Memiliki Sajian Lezat dan Populer

1. Pallu Basa Serigala

pallu basa serigala makassar

Tempat wisata kuliner Makassar yang pertama dalam bahasan ini adalah Pallu Basa Serigala. Tempat ini sendiri sebenarnya merupakan salah satu tempat populer di kalangan masyarakat Makassar. Dengan berlokasi di jalan Serigala No. 54 Makassar, H. Haeruddin telah terbukti berhasil membangun tempat ini populer di kalangan wisatawan kuliner.

Bagi Anda yang belum tahu, Pallu Basa Serigala merupakan tempat kuliner yang menyajikan daging Pallu sebagai andalannya. Mereka yang belum pernah melihat hidangan daging Pallu basa akan melihat ada kemiripan antara hidangan tersebut dengan coto Makassar. Namun, sebenarnya, hidangan ini cukup berbeda dengan coto Makassar. Dimanakah perbedaannya?

Perbedaan antara Pallu basa dengan coto Makassar terletak pada konsumsi nasinya dimana daging pallu basa biasanya dinikmati bersama nasi. Seperti makanan lainnya, uang yang harus disiapkan untuk mereka yang ingin menikmati Daging Pallu basa cukup terjangkau. Pengunjung tempat wisata kuliner Makassar yang satu ini hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp 15.000 untuk seporsi Pallu basa.

2. Coto Nusantara

coto nusantara makassar

Salah satu makanan kuliner khas Makassar yang terkenal adalah coto Makassar. Karena itu, begitu berkunjung ke Makassar, jangan heran apabila ada banyak tempat kuliner yang menyediakan hidangan coto sebagai andalannya. Jika bingung karena ada banyak tempat wisata kuliner Makassar dengan sajian coto, Anda bisa mengikuti rekomendasi kami, yaitu ke tempat kuliner bernama Coto Nusantara.

Di tempat yang berada di Jalan Nusantara No. 32 Makassar ini, Anda bisa memuaskan perut dengan hidangan coto yang lezat. Tempat yang dioperasikan oleh H. Makmur ini merupakan salah satu tempat yang mengedepankan aspek kualitas. Hal ini terbukti dengan penggunaan daging lokalnya dan bumbu yang diracik.

Bagaimana dengan harga yang ditawarkan pemilik Coto Nusantara agar pengunjung dapat menikmati seporsi coto Makassar ini? Harga untuk seporsi coto di tempat ini adalah Rp 12.000. Pengunjung bisa menikmati kuliner ini apabila berkunjung di jam 6.30 pagi hingga 6 sore WITA.

3. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi

iga bakar dan sop konro karebosi makassar

Tempat wisata kuliner Makassar berikutnya adalah tempat bernama Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi. Sesuai namanya, salah satu destinasi wisata kuliner ini menyajikan iga bakar dan sop Konro sebagai menu andalannya. Bagi Anda yang belum tahu, Sop Konro sendiri merupakan salah satu masakan legendaris masyarakat Makassar.

Apabila Anda penasaran seperti apa rasa dari kedua menu andalan yang ditawarkan oleh tempat kuliner ini, silakan pacukan kendaraan ke Jalan Gunung Lompobattang, Pisang Utara, Makassar. Tempat wisata kuliner Makassar ini akan menghidangkan menu tersebut lengkap dengan ketupat yang mengenyangkan. Untuk menikmati seporsi makanan lezat tersebut, Anda perlu mempersiapkan uang mulai Rp 30.000.

4. Coto Gagak

coto gagak makassar

Coto Gagak merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata kuliner Makassar yang menawarkan hidangan coto sebagai andalannya. Walaupun hidangan coto banyak penjualnya, namun tempat yang satu ini termasuk satu dari beberapa tempat unggulan yang dipilih penikmat coto. Lokasi dari tempat ini sendiri adalah di Jalan Gagak No. 27 Mariso, Makassar.

Coto Gagak merupakan salah satu legenda karena tempat kuliner yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1970. Dari situ, bisa dipastikan bahwa untuk masalah pengalaman, Coto Gagak termasuk terdepan dibandingkan tempat-tempat lainnya. Hal ini juga dilatarbelakangi orang yang mengoperasikannya. Lalu, siapa orang dibalik suksesnya tempat kuliner Coto Gagak ini? Orang tersebut adalah H. Jamaliddin.

Apabila ingin menikmati seporsi coto Makassar di tempat kuliner milik H. Jamaliddin ini, Anda bisa datang kapanpun karena tempat ini buka selama 24 jam. Selain dapat mengenyangkan perut dan memanjakan lidah, Anda juga diuntungkan dari segi harganya. Coto di tempat ini juga dihargai murah, yaitu mulai dari Rp 8.000.

5. Pisang Epe

pisang epe makassar

Tempat wisata kuliner Makassar berikutnya yang menyajikan menu lezat adalah Pisang Epe. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke pantai Losari, tidak ada salahnya untuk mampir karena lokasi Pisang Epe berada di sepanjang pantai Losari. Seperti apa sajian dari tempat kuliner Pisang Epe ini?

Sajian utama dari Pisang Epe merupakan pisang bakar yang proses pembakarannya dilakukan selama beberapa kali. Walaupun terdengar sederhana, namun ada banyak varian rasa dari menu tersebut. Beberapa diantaranya yaitu keju, coklat, dan durian. Penasaran seperti apa sajian dari Pisang Epe ini? Anda bisa menikmatinya hanya dengan uang mulai dari Rp 6.000 saja.

6. Mie Hengky

mie hengky makassar

Mereka yang menyukai hidangan mie juga bisa mengunjungi tempat kuliner yang ada di Makassar berikut ini. Tempat yang dimaksud tersebut adalah Mie Hengky. Tempat wisata kuliner Makassar yang populer di kalangan masyarakat Makassar ini berlokasi di Jalan Nusantara Nomor 354 Makassar. Lokasi tersebut merupakan salah satu lokasi yang sangat mudah untuk dicari dan dijangkau.

Lalu, seperti apa mie yang disajikan di tempat kuliner ini? Di Mie Hengky, Anda bisa menikmati sajian mie kering. Sebenarnya, mie kering itu sendiri merupakan mie yang diadaptasi dari negeri China. Di Makassar, mie tersebut diolah diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan kuliner khas kota Makassar.

Dalam penyajiannya, mie yang dihidangkan si pemilik Mie Hongki dilengkapi dengan irisan ayam, hati, jamur, dan cumi-cumi. Perpaduan berbagai macam bahan tersebut membuat mie ini memiliki rasa yang kaya dan khas. Tidak hanya itu, bumbu yang digunakan untuk memperkuat rasa si bahan-bahan juga sebuah poin plus tersendiri bagi kuliner yang satu ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba mie kering Makassar yang lezat ini, silakan datang ke alamat tempat kuliner Mie Hengky. Harga per porsi mie kering di Mie Hengky adalah sekitar Rp 18.000. Untuk waktu kunjungannya, tempat wisata kuliner Makassar yang satu ini buka mulai dari pukul 7 malam hingga 12 malam WITA.

7. Nasi Kuning Riburane

nasi kuning riburane makassar

Tempat wisata kuliner Makassar mana lagikah yang perlu Anda singgahi? Tempat kuliner lainnya yang layak untuk dikunjungi adalah Nasi Kuning Riburane. Sesuai namanya, tempat kuliner yang satu ini menyediakan hidangan nasi kuning sebagai hidangan andalannya. Nama Riburane yang mengikuti Nasi Goreng Riburane diambil dari lokasi tempat tersebut yang berada di Jalan Riburane.

Tempat yang lebih spesifiknya berada di Jalan Riburane Nomor 11 Makassar, Sulawesi Selatan ini menyajikan menu nasi kuning yang komplit lauknya. Di nasi tersebut, Anda bisa menemukan beragam lauk mulai dari sayuran, rendang sapi, kentang manis, telor bebek, hingga dendeng sapi dan abon sapi. Karena kelengkapan itu, Anda dijamin puas menikmati hidangan Nasi Kuning Riburane.

Selain memiliki banyak pelengkap pada nasinya, satu alasan mengapa tempat kuliner ini difavoritkan adalah karena porsi sajiannya yang cukup banyak alias jumbo. Karena itulah, tidak heran jika mereka yang makan di tempat ini benar-benar merasa terpuaskan laparnya. Padahal, untuk menikmati hidangan nasi kuning komplit porsi jumbo, biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau, yaitu mulai Rp 15.000.

Masyarakat Makassar sendiri lebih sering menikmati makanan di Nasi Kuning Riburane ketika tiba waktunya untuk sarapan. Jadi, apabila Anda sedang berada di kota Makassar dan bingung mencari tempat kuliner untuk sarapan, datang saja ke tempat kuliner yang ada di Jalan Riburane ini.

8. Coto Daeng

coto daeng makassar

Coto Daeng merupakan salah satu tempat wisata kuliner Makassar yang juga wajib untuk Anda singgahi. Tempat yang memiliki sajian kuliner yang terkenal kelezatannya ini berlokasi di Jalan Sultan Alauddin No.84 Tamalate, Makassar. Tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya, tempat kuliner yang satu ini juga telah agak lama berdiri, yaitu sekitar tahun 2006.

Hampir semua orang yang telah mencoba hidangan coto di tempat ini mengemukakan bahwa rasa cotonya enak dan tidak kalah dengan tempat lainnya. Disamping itu, daging yang digunakan juga empuk sehingga Anda dijamin ketagihan menikmati hidangan ini. Lalu, bagaimana dengan harga yang dipatok untuk dapat menikmati semangkuk coto Makassar?

Untuk dapat menikmati semangkuk coto Makassar, Anda tidak perlu khawatir karena tempat kuliner Coto Daeng merupakan salah satu tempat yang memasang tarif harga cukup terjangkau. Untuk seporsi coto Makassar, Anda hanya perlu mempersiapkan uang sekitar Rp 8.000. Apabila ingin tambah lengkap dengan minumnya, Anda tentu perlu mempersiapkan uang lebih.

Karena setiap tempat kuliner memiliki waktu buka dan tutupnya, Anda yang ingin menikmati hidangan di Coto Daeng harus memastikan bahwa waktu kunjungan ke tempat wisata kuliner Makassar ini berada pada jam buka.

9. Mie Awa

mie awa makassar

Anda merupakan penggemar mie? Jika begitu, tempat kuliner di Makassar yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mie awa merupakan tempat wisata kuliner Makassar yang sajiannya adalah mie kering khas Makassar. Apabila Anda tertarik untuk mencoba hidangan mie khas kota Makassar tersebut, silakan lajukan kendaraan ke Jalan Pattimura No. 19 Bulogading, Makassar.

Olahan mie kering yang disajikan di tempat kuliner Mie Awa dilengkapi dengan kuah kental yang semakin menambah kelezatannya. Menurut mereka yang telah membuktikan datang ke tempat ini, si pemilik tidak hanya menyajikan menu yang lezat, namun juga pelayanan yang sangat baik. Bagaimana dengan harganya? Untuk seporsinya, Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 15.000 saja.

10. Coto Paraikatte

coto paraikatte makassar

Tempat wisata kuliner Makassar yang terakhir pada pembahasan ini adalah Coto Paraikatte. Tempat kuliner yang satu ini telah lama berdiri di lokasi Jalan Anda Pangeran Pettarani No. 125 Rappocini, Makassar. Masyarakat Makassar sendiri sebenarnya sudah tidak asing dengan tempat makan yang satu ini. Jadi, Anda tidak perlu meragukan reputasi dari makanan di Coto Paraikatte.

Sesuai namanya, coto Paraikatte merupakan tempat kuliner di kota Makassar yang menawarkan hidangan coto Makassar sebagai menu andalannya. Saat mencicipi masakan tersebut, silahkan buktikan rasa kuah maupun dagingnya yang dibumbui dengan bumbu khas. Anda juga akan dengan mudah melahap daging dalam coto karena daging yang digunakan merupakan daging lokal yang empuk.

Tempat yang telah ada sejak tahun 1980 tersebut kini dioperasikan oleh H. Burdin Dg. Jika tertarik mencoba kuliner khas di tempat ini, Anda bisa datang langsung ke alamat Coto Paraikatte antara jam 8 pagi hingga 10 malam WITA. Dengan menyiapkan uang sekitar Rp 8.000 untuk seporsi coto Makassar, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas di tempat ini seperti TV, dan sebagainya.

Dari beberapa informasi di daftar tempat wisata kuliner Makassar di atas, manakah tempat yang ingin Anda kunjungi saat berada di kota Makassar?