Tempat Wisata Kuliner Aceh

Diposting pada

Aceh terkenal dengan obyek wisata alam serta sejarahnya yang sangat memukau. Tak hanya itu, kota yang populer dengan sebutan Serambi Mekah ini juga menawarkan beragam kuliner lezat yang sangat menggiurkan. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang mencari informasi mengenai tempat wisata kuliner aceh.

tempat wisata kuliner aceh

Karena tentunya akan sangat rugi rasanya jika Anda berkunjung tapi tidak mencicipi kelezatan kuliner khas masyarakat Aceh. Apalagi seperti yang diketahui, kuliner Aceh memang sudah terkenal  hingga pelosok negeri bahkan luar negeri. Terlebih lagi sebagian besar kuliner tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Aceh yang Wajib Dikunjungi

1. Mie Aceh

mie aceh

Kelezatan Mie Aceh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya daerah yang diketahui menjual Mie Aceh. Meskipun demikian, mencicipi kuliner ini dari tempat asalnya pasti terasa lebih nikmat. Dimana bumbu tradisionalnya akan terasa lebih kentara. Tempat wisata kuliner aceh ini menggunakan Mie yang berwarna kuning.

Cara penyajian mie Aceh saat ini juga sangat variatif. Ada yang mencampurnya dengan daging kambing muda, udang, kepiting, cumi, daging sapi bahkan daging rusa. Mie Aceh yang sangat terkenal di Aceh adalah Mie Razali yang berada di sekitar daerah Peunayong.

2. Timphan

timphan khas aceh

Tempat wisata kuliner aceh  yang tidak boleh terlewatkan oleh Anda adalah Timphan. Timphan adalah sejenis kudapan khas Aceh yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di hampir semua warung kopi yang ada di Aceh. Kue ini memiliki ciri khas yang unik yakni dibalut menggunakan daun pisang muda yang sudah dikukus.

Kue ini juga memiliki isi yang beragam mulai dari rasa durian, kelapa gula hingga asokaya yakni selai yang terbuat dari santan dan telur. Harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 1000 per buahnya.

3. Ayam Tangkap

ayam tangkap aceh

Ayam tangkap adalah tempat wisata kuliner aceh yang sangat wajib untuk Anda cicipi. Pasalnya kuliner ini sangat hits di Aceh. Ayam tangkap adalah ayam yang dipotong kecil-kecil kemudian direndam ke dalam bumbu rempah yang khas lalu digoreng. Ayam ini disajikan dengan daun kari atau teumurui, daun pandan, dan cabe hijau, yang digoreng pada wadah yang sama.

Dengan bumbu khas tersebut, ayam tangkap memiliki rasa yang renyah dan gurih. Penampilannya yang berantakan karena terdapat daun goreng, membuat Anda harus mencari ayam dengan mengacak-acak daun gorengnya terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat kuliner ini dikenal dengan sebutan Ayam Tangkap.

4. Rujak Aceh

rujak aceh

Tempat wisata kuliner aceh adalah rujak Aceh. Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak Aceh ini terbuat dari beraneka  buah segar yang dicincang kasar. Potongan buah tersebut kemudian di campur dengan sambal rujak yang terdiri dari gula merah, kacang tanah dan cabe rawit.

Rujak yang paling terkenal di Banda Aceh adalah Rujak Garuda. Tempat wisata kuliner aceh ini sangat dekat dengan Masjid Raya Baiturrahman. Tak hanya Rujak Garuda, rujak Blang Bintang juga tidak kalah enaknya. Lokasi rujak Blang Bintang ada di dekat bandara Sultan Iskandar Muda.

5. Sate Matang

sate matang aceh

Sate Matang adalah tempat wisata kuliner aceh enak yang sangat direkomendasikan. Lain halnya dengan sate pada umumnya, sate Matang khas Aceh ini disajikan dengan nasi panas, bumbu kacang dan kuah kaldu yang menggugah selera. Jadi saat Anda mencicipi kuliner ini, maka akan ada banyak piring yang akan disajikan pada meja Anda.

Sate Matang biasanya memakai daging sapi atau kambing. Potongan dagingnya juga lumayan besar sehingga tak heran jika sangat menarik di mata para pecinta kuliner nusantara. Di Banda Aceh Anda bisa menemukan Sate Matang dengan sangat mudah, terutama di daerah sekitar Peunayong.

6. Kuah Beulangong atau Kari Aceh

kuah beulangong kari aceh

Aceh terkenal dengan bumbu rempahnya yang sangat kental dan lezat. Salah satu menu masakan Aceh yang dibuat dengan bumbu rempah khas adalah Kuah Beulangong atau Kari Aceh. Disebut dengan nama kuah beulangong karena kuliner ini dimasak langsung dalam sebuah belanga besar.

Aroma kari Aceh ini sangat mengundang selera. Apalagi biasanya Kuah Beulangong ini disajikan dengan potongan daging kambing atau daging sapi. Tak heran jika tempat wisata kuliner lezat khas aceh ini begitu ramai dikunjungi para pembeli. Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, sebaiknya membeli minuman timus serut untuk meminimalisir adanya tekanan darah.

7. Martabak Aceh

martabak aceh

Bosan dengan martabak yang itu-itu saja? Maka Martabak Aceh sangat patut untuk Anda dicoba. Hal ini dikarenakan Martabak Aceh dibuat dengan memakai lumpia. Lumpia tersebut dibalut telur yang sebelumnya sudah dicampuri cabe, daun bawang dan bawang merah.

Agar terasa semakin lezat, banyak tempat wisata kuliner khas aceh yang menjual martabak Aceh dengan tambahan acar cabe rawit dan bawang merah. Di Banda Aceh, martabak yang paling populer adalah Martabak Ayah.  adalah martabak yang paling terkenal di Banda Aceh. Harganya lumayan murah, berkisar Rp 8.000/porsi.

8. Roti Canai Aceh

roti canai khas aceh

Pernah mendengar Roti Canai? Roti Canai adalah kuliner khas Aceh yang sangat terkenal. Jadi saat Anda mencari tempat wisata kuliner aceh, sudah pasti roti Canai masuk dalam salah satu rekomendasi terbaik.

Roti Canai dibuat menggunakan tepung terigu yang dibentuk bulat lalu dimasak menggunakan mentega. Roti ini kemudian disajikan dengan aneka macam rasa mulai dari kari kambing, kari ayam, durian, coklat dan lain sebagainya.

Salah satu tempat terbaik untuk Anda yang ingin mencicipi Roti Canai Khas Banda Aceh adalah Canai Mamak KL. Harga yang ditawarkan tergantung varian rasa yang dipilih.

Selain beberapa tempat wisata kuliner aceh yang disebutkan, masih ada banyak makanan khas Aceh lainnya yang wajib untuk Anda coba seperti Bubur Kanji Rumbi, Kue Bhoi, Ungkot Kemamah dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Kuliner Aceh Bagi Anda yang Suka Ngopi

Tak hanya makanan, Aceh juga terkenal dengan kopinya yang lezat dan khas. Tak mengherankan jika di Banda Aceh, Anda dapat dengan mudah menemukan warung kopi di hampir semua sudut kota.

Kopi Aceh terdiri dari beragam jenis mulai seperti Robusta, Luwak hingga dari Arabica. Cara penyajian kopi di tempat wisata kuliner aceh juga bervariasi sehingga Aroma kopi Aceh terkenal sangat kuat dan juga harum.

Lokasi ngopi paling populer adalah kopi Solong yang berlokasi di Ulee Kareng. Selain itu, Anda juga bisa datang ke daerah Batoh karena ada banyak sekali warung kopi enak yang tersedia di sana.

Selain kopi, Anda juga bisa mencicipi sanger yakni salah satu minuman khas dari masyarakat Aceh. Sanger terbuat dari kopi yang dicampur dengan sedikit gula dan susu. Cita rasa sanger ini sangat terkenal, jadi sangat sayang jika Anda lewatkan.

Demikianlah informasi terkait dengan tempat wisata kuliner aceh. Dengan adanya tulisan ini, semoga menambah referensi Anda terkait dengan kuliner lezat khas Aceh.