Makanan Khas Bali

Diposting pada

Makanan Khas Bali selalu saja menarik untuk di bahas. Pasalnya Bali memang terkenal dengan variasi menu masakannya yang sangat unik dan menggugah selera. Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan bahasa, adat istiadat, budaya, kesenian dan kuliner yang beraneka ragam.

makanan khas bali

Jadi tidak mengherankan jika masing-masing daerah di Indonesia memiliki makanan atau masakan yang memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Bali adalah salah satu tempat yang memiliki banyak sekali makanan khas lezat yang patut untuk Anda coba.

Pulau yang terletak di sebelah timur provinsi Jawa Timur ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan daya tarik obyek wisata Bali yang sangat memukau mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religius, dan lain sebagainya.

Ada banyak alasan mengapa pulau Dewata Bali selalu mampu menarik perhatian para traveller dari berbagai belahan dunia. Salah satunya tentu saja karena wisata kulinernya yang mampu menggoyang lidah.

Selain terkenal dengan keindahan pariwisatanya, makanan khas Bali juga terkenal enak dan menggugah selera. Maka sangat wajar jika Pulau Bali dikategorikan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang wajib untuk dikunjungi. Masakan Bali umumnya terbuat dari racikan bumbu rempah-rempah unik yang menjadi khas dari masyarakat bali.

Saat Anda berkunjung ke Bali, maka setidaknya Anda harus mencicipi aneka kuliner khas dari Pulau Dewata tersebut. Sebagai referensi, di bawah ini adalah daftar menu masakan atau makanan khas Bali yang populer dan paling lezat.

Daftar Pilihan Makanan Khas Bali Terpopuler dan Terlezat

1. Tipat Blayag

tipat blayag bali

Tipat Blayag adalah salah satu makanan khas Bali yang  terkenal karena cita rasanya yang enak. Makanan khas dari Buleleng Bali ini sebenarnya seperti ketupat. Hanya saja bentuknya lebih lonjong seperti lontong. Makanan ini dibentuk dengan janur muda atau daun enau muda.

Cita rasa khas Pulau Bali akan sangat terasa pada makanan ini. Sebab Tipat Blayag dibuat dengan bumbu olahan yang khas dan sangat kental dengan masyarakat Bali sehingga terciptalah makanan yang super lezat. Umumnya, Tipat Blayag dikombinasikan dengan kacang kedelai, sayur urap, ayam sisir, dan aneka lauk lainnya.

2. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

rujak kuah pindang dan rujak bulung bali

Makanan khas bali selanjutnya adalah Rujak kuah pindang dan rujak Bulung. Makanan ini sangat unik karena dibuat dengan bumbu kuah tuna yang menggugah selera. Rujak ini terasa sangat segar dan lezat karena terdapat irisan daging buah mangga, kuah pindang dan cabai pedas di dalam rujak ini.

Selain itu, terdapat pula banyak isian lainnya seperti rumput laut dan aneka buah segar lainnya. Penasaran dengan rujak super segar ini?

3. Ayam Betutu

ayam betutu bali

Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang wajib untuk Anda coba. Lezatnya Ayam Betutu memang sudah terkenal hingga pelosok negeri. Jadi untuk Anda yang sekarang di pulau Bali, sangat dianjurkan untuk mencicipi nikmatnya ayam betutu. Ayam Betutu adalah makanan pedas yang bumbunya sangatlah terasa.

Bumbu ayam betutu sangat terasa karena dimasukkan langsung pada bagian dalam perut ayam kampung. Setelah bumbu meresap, daging ayam kampung kemudian dipanggang dengan bungkusan daun pisang. Cara memasaknya sangat unik bukan?

Dengan cara ini, bumbu bisa meresap dengan sempurna ke dalam daging ayam. Sehingga cita rasanya akan sangat menakjubkan. Dan rasanya pun akan semakin menggugah selera makan Anda.

4. Nasi Jinggo

nasi jinggo bali

Nasi Jinggo adalah makanan khas bali yang sangat terkenal karena rasanya dan proses pemasakannya yang unik. Nasi Jinggo merupakan makanan yang penyajiannya di bungkus menggunakan daun pisang. Agar cita rasanya semakin mantap, tersedia pula sambal khas Bali untuk menemani makan bersama Nasi Jinggo ini.

Nasi Jinggo biasanya dipadukan dengan aneka lauk lezat lainnya seperti ayam suwir, tempe goreng, mie goreng dan lain sebagainya. Mengingat bahwa nasi ini porsinya hanya sekepalan tangan orang dewasa, kemungkinan besar Anda tidak akan bisa langsung kenyang jika hanya memakan satu porsi. Jadi, pesan lagi nasi jinggo agar perut Anda terasa kenyang.

Nasi Jinggo khas Bali ini sangat populer mulai dari tahun 1997 sampai dengan sekarang ini. Tidak hanya rasanya saja yang enak, nasi Jinggo juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga tidak akan membuat kantong Anda kempes saat berlibur di Bali.

5. Lawar Kuwir

lawar kuwir bali

Lawar Kuwir merupakan makanan khas bali yang sangat pouler dan tidak kalah lezat dengan makanan Bali lainnya. Lawar Kuwir adalah makanan campuran antara aneka sayuran dengan daging cincang yang dilumuri dengan berbagai macam bumbu rempah yang menjadi khas dari Pulau Bali. Biasanya Lawar Kuwir ini terbuat dari daging bebek atau daging babi.

Oleh karena itu, untuk Anda para muslim harus bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya terkait daging apa yang dipakai dan haram atau tidak makanan Lawar Kuwir tersebut. Makanan Lawar Kuwir sangat disukai oleh masyarakat setempat dan para wisatawan yang berkunjung.

Kombinasi antara daging cincang dengan berbagai macam sayuran segar tersebut biasanya dimakan bersama dengan nasi putih hangat. Rasanya? Tentu saja akan membuat Anda merasa ketagihan untuk kembali memakannya.

6. Nasi Tepeng

nasi tepeng bali

Nama Nasi Tepeng ini tentunya sangat unik bukan? Nasi Tepeng adalah makanan khas bali yang berasal dari daerah Gianyar Bali. Nasi ini memiliki tekstur yang sangat  lembut dan lembek layaknya bubur. Hanya saja bumbu rempah khas dari Bali lah yang membuat Nasi Tepeng ini begitu unik dan berbeda dengan bubur pada umumnya.

Bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, bisa menambahkan rasa pedas pada nasi Tepeng ini. Tapi untuk Anda yang tidak suka pedas, tidak perlu khawatir karena rasa bumbu rempah yang dimasukkan ke dalam nasi ini sangatlah menggugah selera dengan rasa originalnya.

Beberapa bahan yang dipakai untuk membuat Nasi Tepeng diantaranya adalah telur, ayam goreng, kelor, nangka muda, kacang merah, kacang panjang dan terong.

7. Sate Lilit

sate lilit bali

Pernah makan sate dengan cara dililit? Jika belum, maka Anda wajib mencicipi lezatnya sate lilit yang menjadi makanan khas Bali. Cara pembuatan sate ini sangat unik karena tidak ditusuk seperti sate pada umumnya melainkan dililit. Cara pembuatanya, daging yang akan dijadikan sate kemudian dicincang dan dicampurkan dengan rempah-rempah khas Bali yang terkenal lezat.

Jika semua daging dan bumbu tercampur rata, daging tersebut kemudian dililitkan pada batang daun serai. Aroma batang serai ini tentunya akan menambah cita rasa yang khas dari sate lilit Bali ini. Apalagi daging cincang sate lilit juga dijamin sangat empuk dan lezat.

Beberapa pedagang masih menggunakan daging babi untuk membuat sate lilit. Tapi tidak perlu khawatir karena ada banyak pedagang yang memakai daging ikan tenggiri dan daging ayam untuk dioleh menjadi sate lilit yang lezat.

8. Babi Guling

babi guling bali

Mengingat bahwa sebagian besar penduduk Bali beragama Hindu maka tidak mengherankan jika salah satu kuliner yang paling banyak diminati di sana adalah Babi Guling. Bagi Anda non muslim, tentu saja sangat mengidolakan kuliner yang satu ini. Warnanya yang coklat keemasan dipadukan dengan bumbu rempah khas Bali memang membuat makanan ini mampu menggoyang lidah.

9. Serombotan

serombotan bali

Serombotan adalah salah satu makanan khas bali selanjutnya yang wajib Anda cicipi. Makanan ini sangat populer karena memiliki cita rasa yang lezat dan juga unik. Serombotan terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Beberapa jenis sayuran yang digunakan diantaranya adalah bayam, kangkung, pare, kacang panjang, terong bulat dan tauge.

Tak hanya lezat, makanan yang dikenal dengan nama Serombotan ini sangatlah menyehatkan. Bagaimana tidak? Hampir semua jenis sayuran yang dibutuhkan tubuh terdapat di dalam menu masakan ini. Cita rasa serombotan sangat lezat karena dicampur dengan aneka bumbu seperti kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur.

Serombotan ini semakin terasa gurih karena menggunakan santan. Anda yang suka dengan pedas juga bisa menambahkan bumbu kacang pedas pada makanan khas masyarakat Bali ini.

10. Nasi Campur Ayam Bali

nasi campur ayam bali

Makanan yang wajib untuk Anda coba saat di Bali selanjutnya adalah Nasi campur ayam Bali. Makanan khas bali ini memiliki cita rasa yang sangat menempel di lidah. Nasi Campur Ayam Bali menjadi makanan favorit untuk para wisatawan karena dibuat dengan sangat komplit.

Dimana di dalamnya terdapat banyak lauk seperti sate lilit, ayam sisit, sayur urap, lawar ayam, dan aneka lauk lainnya. Dipadukan dengan nasi putih hangat, tentunya menyantap makanan ini akan membuat Anda lupa untuk kembali pulang ke rumah. Anda suka pedas? Bisa menambahkan sambal matah atau sambal embe yang rasanya sangat khas dan pedas.

Perlu diketahui bahwa sampah embe dan matah adalah sambal khas dari Bali. Bagaimana? Makanan nasi campur ayam Bali ini sangat lengkap bukan? Harganya pun cukup terjangkau sehingga bisa dibeli oleh siapa saja.

11. Jaja Bendu

jaja bendu bali

Meskipun memiliki nama yang aneh, rasa makanan khas dari Bali ini sangat populer karena menggugah lidah. Jaja Bendu adalah salah satu makanan yang menjadi andalan masyarakat Bali, khususnya Jembrana Bali.

Bagi Anda pecinta kuliner, maka wajib mencicipi makanan khas Bali ini. Walaupun terbuat dari bahan yang sederhana, Jaja Bendu mampu menarik perhatian para wisatawan untuk mencicipinya. Makanan sederhana ini juga bisa dibuat sendiri di rumah karena prosesnya yang memang sangat mudah.

Jaja Bendu pada dasarnya adalah kue tradisional yang terbuat dari bahan tepung ketan. Di dalam tepung tersebut, terisi parutan kelapa dan gula bali yang manis dan lezat. Selanjutnya, kue dibungkus dengan daun pisang agar rasanya semakin khas dan menarik.

Kue Jaja Bendu ini sangat mudah Anda jumpai di berbagai sudut Bali. Harganya juga sangat murah dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh makanan khas Bali.

12. Jaja Wajik

jaja wajik bali

Bagi Anda yang hendak membawa oleh-oleh dari Bali untuk keluarga, teman atau orang terdekat di rumah maka Jaja Wajik ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Pasalnya makanan khas Bali yang satu ini sangat diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Makanan sederhana ini memiliki cita rasa yang unik dan tidak akan bisa ditemukan di daerah lainnya.

Saking terkenalnya, Jaja Wajik ini banyak dijual di berbagai toko souvenir atau oleh-oleh yang ada di Bali. Jaja Wajik memiliki rasa yang manis dan legit layaknya wajik khas Jawa. Bedanya, tentu saja terdapat pada bahannya yang menggunakan rempah-rempah khas Bali. Makanan Jaja Wajik ini seringkali disediakan saat acara pernikahan dan syukuran lainnya.

13. Lontong Jukut Serapah Khas Bali

lontong jukut serapah khas bali

Kuliner khas Bali yang sangat sayang jika Anda lewatkan selanjutnya adalah lontong jukut serapah. Makanan khas Bali ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan lotong biasanya. Bedanya adalah lontong jukut mempunyai ukuran yang lebih besar dan berbentuk segitiga. Meskipun memang ada pula lotong jukut yang berbentuk bulan lonjong layaknya lotong pada umumnya.

Lontong jukut biasanya disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil kemudian diguyur dengn aneka sayuran masak yang direbus dengan kuah kental seperti daun pepaya, nangka muda, daun singkong, bayam, jantung pisang, bunga pisang dan lain sebagainya.

Kuah lontong jukut serapah ini dikenal dengan nama telengis. Kuah kental ini dibuat dengan santan kelapa dan minyak kelapa yang direbus dan dicampur dengan berbagai macam jenis sayuran. Sangat lezat bukan? Apalagi jika Anda mengkonsumsinya saat masih panas dan dalam kondisi yang sedang lapar setelah berjalan-jalan menikmati keindahan alam di Bali.

14. Tum Ayam

tum ayam bali

 

Makanan khas bali enak yang patut Anda coba selanjutnya adalah Tum Ayam. Seperti namanya, makanan ini dibuat dengan bahan dasar ayam. Di Jawa, makanan ini mungkin dikenal dengan nama pepes ayam. Tak hanya dari segi tampilan,cara pembuatan tum ayam ini juga hampir serupa dengan masakan pepes jawa pada umumnya.

Hanya saja bumbu masakan khas lah yang memberikan perbedaan rasa antara tum ayam dengan pepes jawa biasanya. Tum ayam dibuat dengan cara mencincang halus daging ayam kemudian di campur dengan aneka bumbu rempah dan di bungkus menggunakan daun pisang.

Setelah semua daging ayam dibungkus, Tum Ayam ini kemudian dikukus sampai matang hingga akhirnya siap untuk disantap. Melihat cara memasaknya, Anda teringat dengan pepes jawa bukan? Bumbu yang digunakan untuk membuat Tum Ayam diantaranya adalah kencur, lengkuas, jahe, santan, bawang dan aneka bahan masakan lainnya.

Bumbunya yang kaya tentu membuat makanan khas Bali ini sangat wajib untuk Anda cicipi. Makanan Tum Ayam bisa Anda temukan di berbagai tempat makanan sekitar Bali.

15. Godoh Gedang

godoh gedang bali

Godoh Gedang merupakan makanan khas Bali yang sangat populer. Hal ini tentu saja karena rasanya yang sangat enak dan tidak bisa terlupakan. Dilihat dari namanya yang menggunakan kata gedang, sudah bisa ditebak bukan? Bahwa makanan ini terbuat dari bahan utama pisang.

Godoh Gedang pada dasarnya adalah nama dari pisang goreng. Uniknya, pisang goreng ini disajikan dengan gula kayu manis yang super enak atau krim segar yang lezat. Meskipun disajikan seperti pisang goreng biasa, jangan salah karena pisang goreng yang menjadi ciri khas Bali ini sangatlah berbeda dengan aneka pisang goreng yang biasa Anda temui di Jawa.

Biasanya, Godoh Gedang ini dikonsumsi sebagai makanan ringan di kala santai. Berdasarkan cerita yang ada, makanan yang dikenal dengan nama Godoh Gedang tersebut  sudah di perkenalkan sejak abad ke 16 oleh Bangsa Portugis. Secara otomatis, tentu saja bisa diketahui bahwa makanan ini sudah ada di Bali sejak lama sekali.

Untuk membuat Godoh Gedang ini, biasanya masyarakat Bali menggunakan pisang belur yang memang cocok untuk digoreng. Tertarik mencoba pisang goreng ala Bali?

16. Bubur Mengguh

bubur mengguh khas bali

Makan bubur ayam tentunya sudah biasa. Mau mencoba bubur mengguh yang menjadi makanan khas Bali? Bubur Mengguh ini sangat layak untuk Anda cicipi kelezatannya. Bubur yang menjadi ciri khas masyarakat Bali khususnya daerah Bali Utara yakni Buleleng biasanya disajikan ketika ada upacara adat.

Bubur Mengguh ini dibuat dari bahan beras yang dicampur dengan santan. Setelah matang, bubur disiram dengan kuah ayam kental. Tidak lupa juga ditambahkan urap sayur dan ayam suwir yang disajikan secara terpisah untuk menambah cita rasa kenikmatannya.

Rasa yang ditawarkan bubur Mengguh ini memang sangat komplit. Dimana Anda bisa merasakan rasa pedas yang dipadukan dengan renyahnya urap sayur dan gurihnya kuah kental ayam. Jadi saat  berada di Bali khususnya Buleleng, Anda tidak boleh sampai melewatkan makanan lezat Bali ini.

17. Tipat Cantok

tipat cantok khas bali

Saat mendengar namanya, tentu Anda masih sangat terasa asing dan belum bisa membayangkan bahan dasar dan cara memasaknya bukan? Tipat Cantok adalah makanan khas Bali yang terkenal karena kelezatannya. Makanan ini memang terbilang cukup unik dan sangat sulit jika mencarinya di luar pulau Bali.

Tapi di wilayah Bali, makanan ini sangat mudah ditemukan. Di hotel berbintang ataupun warung sederhana Bali pastinya tersedia makanan bernama Tipat Cantok ini. Makanan enak ini dibuat dengan isian seperti tauge, kangkung dan kacang panjang.

Supaya cita rasanya semakin menggugah selera, tipat dan sayur ditata di atas piring kemudian disiram menggunakan bumbu kacang yang sangat lezat. Makanan ini tentunya sangat cocok untuk Anda yang sangat lapar dan ingin memakan makanan yang gurih dan sederhana.

18. Komoh Khas Bali

komoh khas bali

Makanan khas Bali selanjutnya yang sangat terkenal karena rasanya yang enak adalah komoh. Komoh adalah makanan sejenis sup dengan kuah yang dikombinasikan dengan aneka daging mulai dari daging itik, daging ayam, daging entog, daging babi bahkan daging penyu.

Rasa kuah dan daging sup bernama Komoh ini sangat lezat sehingga patut untuk Anda coba. Selain diisi dengan daging, biasanya komoh juga bisa diisi dengan hati hewan atau kulit hewan tersebut. Hanya saja untuk Anda yang muslim harus tetap berhati-hati jika memang ingin mencicipi makanan ini. Pastikan dan tanyakan kepada penjualnya apakah daging yang dipakai halal atau tidak.

Biasanya makanan Komoh ini ini disajikan pada mangkok kecil. Cara memakannya juga unik. Anda tidak perlu lagi menggunakan sendok ataupun garpu. Cukup dengan mendekatkan mangkok kecil yang sudah diisi komoe pada mulut lalu minum sup secara langsung.

Anda yang tidak terbiasa juga  dapat menggunakan sendok untuk bisa memakannya. Rasakan sendiri, cara mana yang lebih Anda suka untuk menikmati makanan khas yang satu ini.

19. Nasi Sela (Ubi)

nasi sela bali

Pernah mendengar nasi sela? Atau nasi ubi jalar? Jika nasi jagung, nasi beras merah dan lain-lain mungkin Anda sudah sering mendengarnya bukan? Lantas, bagaimana rasanya nasi ubi? Jika Anda penasaran, cobalah untuk datang ke kawasan pedesaan yang ada di Bali. Disana, Anda bisa menemukan banyak pedagang Bali yang menjual nasi sela.

Tak hanya orang pedesaan saja yang ternyata menyukai nasi sela, masyarakat kota pun sangat menyukai makanan khas Bali yang terkenal ini. Hal tersebut karena rasanya yang memang sangat spesial. Oleh karena itulah kenapa Anda tidak boleh melewatkan untuk mencicipi makanan yang enak yang satu ini.

Nasi sela adalah makanan campuran antara sela (ubi) dengan nasi sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan khas. Tak hanya enak, makanan Bali ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Apalagi sekarang ini masyarakat mulai menggunakan metode pengolahan yang lebih maju dan modern sehingga rasanya pun menjadi lebih enak.

Makanan bernama Nasi sela ini banyak disajikan dalam bentuk nasi jinggo dan nasi bungkus. Tapi tak sedikit pula restoran besar di Bali yang menyediakan makanan khas yang satu ini.

20. Bagiak Khas Bali

bagiak khas bali

Bagiak merupakan makanan khas Bali yang banyak dicari dan sangat populer di kalangan masyarakat dan wisatawan. Makanan ini sangat pas dijadikan sebagai oleh-oleh atau cemilan selama berada di Bali. Bagiak tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari rasa kacang, kayu manis, susu dan jahe.

Bagiak adalah makanan khas yang dibuat dari bahan dasar tepung sagu. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang sedikit manis. Apabila dilihat sekilas, makanan bernama bagiak ini memiliki bentuk bulat panjang dengan ukuran yang hampir sama dengan jempol orang dewasa.

Saat dipegang, bagiak akan terasa keras. Tapi ketika disantap, rasanya akan renyah dan pecah di dalam. Wah, terbayang kelezatannya bukan? Makanan ini akan semakin lezat saat disantap bersama dengan secangkir kopi hangat saat sore hari dengan orang yang terkasih.

21. Jukut Ares Khas Bali

jukut ares khas bali

Jukut Ares adalah makanan khas Bali yang tidak boleh sampai terlewatkan. Makanan ini sangat unik dan juga khas karena terbuat dari bahan dasar pohon pisang muda. Cara pembuatannya juga unik yakni ares diiris-iris tipis lalu dimasak menggunakan aneka bumbu lengkap khas Bali. Kemudian dicampur dengan daging mentok atau ayam. Tapi ada pula pedagang yang mencampurnya dengan daging babi.

22. Kacang Asin

kacang asin bali

Kacang asin adalah kudapan yang sangat enak dijadikan sebagai teman bersantai. Makanan ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat ketika pulang dari Bali. Biasanya, kacang asin hanya akan terasa gurih. Tapi kacang asin yang menjadi andalan masyarakat Bali ini terasa sedikit agak asin sehingga rasanya sangat khas.

Makanan ringan ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh sekitar Bali. Jika ingin melihat proses pembuatannya, Anda juga bisa langsung berkunjung ke pabrik sederhananya.

23. Bubur Injin

bubur injin bali

Makanan khas Bali selanjutnya adalah bubur injih. Bubur injih sebenarnya adalah bubur ketan hitam yang biasanya disajikan sebagai dessert. Makanan ini sangat enak jika dimakan untuk mengganjal perut setelah lama berjalan-jalan di Bali. Bubur Injin juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat.

Bubur Injin dibuat dengan beras ketan hitam yang disiram dengan santan dan beberapa potongan nangka. Bubur ini sangat mudah Anda temukan di restoran atau warung makan sekitar Kuta Bali.

Bagaimana? Ada banyak sekali makanan khas Bali yang bisa Anda cicipi bukan? Hanya saja perlu diingat khususnya Anda yang muslim untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan di Bali. Karena terkadang ada makanan khas Bali yang menggunakan campuran daging babi sebagai salah satu bahannya.

Hal tersebut wajar mengingat penduduk Bali sebagian besar dihuni oleh pemeluk agama Hindu. Oleh karena itu, sangat penting dan wajib untuk Anda bertanya terlebih dahulu kepada penjual makanan yang hendak dibeli terkait dengan halal atau tidaknya makanan tersebut.

Agar tidak bingung, Anda bisa mencari restoran halal di Bali. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mencoba aneka makanan khas Bali nantinya. Demikianlah ulasan terkait dengan makanan khas di Bali, semoga bermanfaat untuk Anda.